5 Cara Packing yang Tepat

Jakarta – Mendaki gunung butuh tenaga, dan mengisi carrier dengan tepat bisa melancarkan perjalanan pendakian kamu. Berikut 5 cara packing yang tepat untuk naik gunung. Yuk disimak bagaimana caranya!

Barang bawaan yang padat dan seimbang sangat memudahkan pendakian. Agar tidak sia-sia membawa barang ke puncak gunung, tentu ada cara tersendiri untuk packing carrier alias ransel gunung.

detikTravel berbincang bersama Harley Sastha, pendaki gunung sekaligus penulis buku Mountain Climbing for Everybody. Dalam perbincangan yang ditulis Kamis (28/5/2015), tersebutlah 5 cara packing yang tepat untuk naik gunung:

1. Buang bungkus yang tak penting

Biasanya, camilan dan makanan punya banyak bungkus yang dobel. Seperti wafer yang ada bungkus plastik dan kardusnya. Atau permen yang ada bungkus plastik besarnya. Untuk menghemat tempat dan memadatkan isi carrier, buang semua bungkus yang tak terpakai.

“Daripada tas penuh dengan barang yang tak terpakai, sebaiknya dibuang yang tak penting dari sebelum naik,” kata Harley.

Nantinya, makanan atau barang tersebut bisa disatukan di satu tempat. Dengan begitu, bisa banyak ruang tersisa dan bisa dimasukkan benda yang memang dibutuhkan.

2. Bawa barang multifungsi

Usahakan untuk membawa barang yang punya kegunaan lebih dari satu. Misal jaket yang bisa dilipat dan jadi bantal. Atau tempat makan yang bisa jadi wadah memasak. Hal ini bisa menghemat barang bawaan sehingga carrier tak terlalu berat.

Selain itu, traveler juga harus bisa memaksimalkan kegunaan suatu barang. Jika bawa tempat makan yang kosong, bisa diisi dengan benda di bagian dalamnya. Begitu juga dengan tempat minum, panci, dan beragam benda yang bisa diisi.

“Dengan begitu, isi bisa lebih maksimal dan tas lebih padat,” lanjut Harley.

3. Atur susunan isi carrier

“Barang ringan ada di bagian bawah tas, dan barang berat ada di bagian punggung,” ujar pria yang sedang menyusun buku Gunung Tambora ini.

Tujuannya untuk memberi keseimbangan tubuh agar tidak terlalu terbebani dengan isi tas. Dengan menaruh barang seperti itu, beban tas jadi terbagi dengan sempurna.

“Yang pasti, kiri dan kanan harus seimbang jadi tidak timpang sebelah,” lanjutnya.

4. Barang penting harus mudah dijangkau

Barang seperti jas hujan, jaket dan obat-obatan harus berada di area yang mudah dijangkau. Misalnya di bagian atas tas, atau di kantong kiri dan kanan.

“Agar tidak usah membongkar isi muatan tas saat butuh barang-barang tersebut,” ujar Harley.

Selain benda di atas, yang harus mudah dijangkau adalah camilan dan air minum. Jadi, selagi jalan pun masih bisa menjangkau tas area tersebut.

5. Selalu bungkus pakaian bersih

Yang terakhir adalah selalu membungkus pakaian bersih. Jangan pernah mencampur dengan barang atau benda yang bisa membuatnya basah.

“Karena, mengganti dengan pakaian kering sebelum tidur (di tenda-red) bisa mengurangi risiko sakit dan hypotermia,” tutur Harley.

Untuk menjaga kesehatan, pastikan pakaian bersih selalu terbungkus rapi. Selamat naik gunung!

Sumber : http://travel.detik.com

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What is 6 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)
shares